bila kuliah bener2 kita anggap lebih penting…

Di suatu majelis ada akhwat yang bertanya pada seorng akh pembicara:”Pak, bagaimana cara mengingatkan ikhwah yang militansi dakwahnya sungguh luar biasa, namun sering mengesampingkan amanah akdemisnya, sehingga citra di mata orang-orang sekitar menjadi tidak baik…?”
“waaaaah…” sontak puluhan peserta majelis meluapkan senyumnya, terutama para ikhwan. Ane apalagi. Karena pertanyaan akhwat tadi seakan-akan tertuju pada ane.
Namun bila kita telaah lebih jauh, memang itu adalah problematika yang marak di kalangan ikhwah secara umum (baca:aktivis dakwah kampus).
Memang ketika ngomong masalah militansi, akan sulit menggambarkan kondisi militansi ikhwah saat ini. Dahulu, ketika dakwah kampus pertama kali masuk di kampus kentingan, mujahadah para ikhwah tak perlu diragukan lagi. Mas-mas dan mbak-mbak pejuang dakwah tempo dulu sangat lumrah bila harus menyelesaikan masa kuliahnya dengan waktu 6-8 tahun. Mereka saat itu benar-benar memikirkan kondisi umat, mereka akan dengan mudah meninggalkan agenda kuliah untuk mengurus kegiatan-kegiatan dakwah kampus saat itu. Karena memang posisi mereka yang minim dalam hal kuantitas begitu berpengaruh dalam kinerja gerak dakwah kampus.
Pun untuk mengetes militansi, para murobbi/murobbiyah mereka tak segan-segan tuk sengaja membenturkan agenda dakwah dengan agenda kuliah, seperti kuis, praktikum, atau bahkan ujian.
Sekarang..?
“Aduh akhiii… afwan, besok ane ada deadline tugas, jadi ga bisa ikut syuro'”..atau
“Afwan jiddan akh, ane harus ngerjakan laporan praktikum.. afwan ga bisa bantu kegiatan…”
pernah ga antum dapet sms seperti itu…?
nah lho… itulah problem ikhwah saat ini.
Eh, disini ane tidak mengajarkan tuk mbolos kuliah lho.
Begini ya sahabat,, memang prioritas kuliah harus tetap dilaksanakan, bahkan kuliah adalah suatu amanah yang syar’i, yang ga boleh disia-siakan. Namun pernahkah antum menganalisa, ,

bila kuliah bener-bener kita anggap lebih penting…
berapa IPK kita… mengapa IPK ikhwah rata-rata masih tetap 2,… (yang mbaca jangan tersinggung ya). Itulah sahabat, lebih menyedihkan lagi karena agenda-agenda kita yang padat biasanya kita jadikan sebagai alasan jeboloknya IP.. Padahal jelas itu adalah karena kemalasan kita, atau memang dari sononya (sejak sekolah) kita memang tipe orang yang pekewuh untuk berprestasi. .

bila kuliah bener-beaner kita anggap lebih penting…
sudah EFEKTIFkah kuliah kita? Sudahkah kita menyerap dengan baik ilmu-ilmu yang diberikan dosen tuk kita? apakah tiap kali kita di ruang kelas benar-benar serius memperhatikan dosen? atau kuliah hanya formalitas, duduk, ngisi absen, dimana mata lebih banyak tertuju ke arah jam dinding berharap sesi kuliah segera berakhir?
Bila ketidakefektifan kuliah yang sering kita alami ikhwah fillah…
Alangkah baiknya bila waktu-waktu yang terbuang saat itu (kuliah yang ga efektif) kita gunakan tuk mengurus agenda-agenda kita yang mulia.. kita gunakan tuk mengurus umat ini.
Alangkah nikmatnya bila waktu-waktu tak berguna itu, kita gunakan tuk bersujud beberapa raka’at saja…
Alangkah sejuknya, bila waktu yang sia-sia itu, kita gunakan tuk menggerakkan bibir-bibir kita yang sudah mulai kaku akan membaca kalam-kalam Allah..
Alangkah bermanfaatnya, bila waktu-waktu yang tak bermanfaat itu kita gunakan tuk membekali diri, belajar akan ilmu-ilmu ukhrawi, tuk menghafal Al-Qur’an, tuk ikut kajian, dsb.
Alangkah indahnya, bila daripada manjalani waktu-waktu macam begitu, kita pulang kampung saja, bersilaturahim pada sorang tua yang sudah sangat kangen kepada kita.

namun ikhwah fillah…
bila kuliah bener-bener kita anggap lebih penting…
efektifkan kuliah kita. cuma itu saja… dan jangan asal prioritas.

jadikan bekal utama kita tuh fiqh aulawiyah.
terkadang agenda kuliah lebih kita kedepankan dibanding agenda dakwah, namun
terkadang agenda dakwah harus kita utamakan dibanding agenda kuliah
dan tak ada yang saling mengalahkan diantara keduanya…

Sesungguhnya Islam ini terlalu indah tuk tidak diperjuangkan.

(sindy tria rukasy)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s