letak kamar mandi yang baik disebelah mana?

pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wr, wb.

Ustadz, saya mau bertanya tentang letak kamar mandi yang baik. Alhamdulillah kemarin saya beli rumah tipe 31/79, letaknya di hook. Ada 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi.

Rencananya saya mau pindahkan kamar mandi yang selama ini ada di tengah ke bagian belakang. Menurut ustadz, apakah hal ini bagus dilakukan agar bisa menghemat tempat?

Sebelumnya saya ucapkan sukron katsiron.

Wassalaamu’alaikum wr, wb

Muhammad

jawaban:
Assalaamu’alaikum wr, wb

Bapak Muhammad yang baru saja membeli rumah,

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan karunia rizki kepada keluarga bapak. Semoga rumah yang ada menjadi berkah. Semoga penghuninya diliputi mawaddah, sakinah wa rahmah. Kita masih harus turut prihatin akan saudara-saudara kita yang lain yang belum memiliki rumah.

Kamar mandi adalah bagian paling mahal dalam sebuah rumah. Dindingnya ada keramik. Lantainya apalagi. Ada bak mandi dan kloset. Kran air dan salurannya. Pertimbangannya adalah biaya dulu. Jika harus membongkar kamar mandi maka ia adalah biaya terbesar.

Insya Allah saya memahami kondisi rumah antara Tipe 21 hingga 36. menurut saya, sayang kalau harus dibongkar. Lagi-lagi biaya. Kecuali jika dana tidak ada masalah. Lain cerita.

Nah, kamar mandi yang lama bisa disulap menjadi kamar mandi utama yang bisa di ‘connect’ ke kamar tidur. Hingga ia menjadi private area. Jadi tak perlu membangun saluran baru dan item-item yang lain.

Setelah itu baru dibangun kamar mandi yang sifatnya umum. Bisa diakses dari ruang keluarga – ruang makan atau bahkan ruang tamu. Jadi dana yang ada optimal. Kamar mandi jadi dapat 2.

Kamar mandi yang ideal adalah yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk rumah seperti ini yang lantai 1 idealnya memiliki 2 kamar mandi. 1 di dalam sebagai kamar mandi utama. Dan 1 lagi di areal yang umum. Bisa diletakkan di ruang keluarga atau runga makan. Di sisi luar kamar mandi bisa dibuat kran air atau areal jemur. Hingga akses air mudah.

Yang lebih ideal lagi ditambah kamar mandi pembantu atau kamar mandi service. Letaknya benar-benar di luar. Di areal jemur dan dekat ruang pelayan jika ada. Nah, ia akan berguna untuk kegiatan cuci-jemur dan akses mandi bagi pembantu dan setiap kegiatan service. Kegiatan membersihkan halaman, potong rumput, mencuci perabot dll.

Kondisi rumah Pak Muhammad di hook, sangat memungkinkan untuk melakukan hal ini. Karena memiliki lahan yang lapang. Juga memiliki akses jalan dari 2 arah yang memudahkan pintu masuk.

Demikian Pak Muhammad, semoga bermanfaat. Adzan zuhur sudah berkumandang. Mari kita tunaikan sholat berjamaah di masjid. Agar berkah dan nikmat hidup kita.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wr wb

Ir. Andan Nadriasta

era muslim

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s